Ad Unit (Iklan) BIG

Featured Post

8 Tempat Wisata Gresik Terbaru

Ada satu hal yang harus diketahui dari Gresik yakni objek wisata disana sudah makin berbenah. Meski sebelumnya, Kabupaten Gresik identik dengan kota industri, namun sekarang banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan tidak kalah bagusnya dengan kota lain. Ada banyak spot foto kekinian dan cantik…

Daftar List Kuliner Gresik Lengkap Tahun 2015

Blogger Gresik Community
Daftar List Kuliner Gresik Lengkap (Nasi Krawu)
BGC - Kuliner Tema kali ini tentang Daftar List Kuliner Gresik Lengkap Tahun 2015, simak berita selengkapnya berikut ini:

Bertetangga dengan Surabaya, kota Gresik juga memiliki cerita sejarah para sunan. Di Gresik, juga ada lokasi wisata religius yakni Makam Sunan Giri. Makam penyebar agama Islam yang masuk dalam jajaran Wali Songo ini dipenuhi pengunjung yang datang dari berbagai daerah di tanah air. Mengaji di pusara dan beritikaf di pusara sang wali menjadi bagian dari kegiatan para peziarah.

Di daerah pesisir tersebut ada beberapa makanan khas, dua di antaranya adalah nasi krawu dan nasi romo. Makanan yang sangat khas ini, bahkan jarang ditemui di daerah lain. Bahkan pamor dari nasi krawu kini sudah menyebar ke berbagai daerah lain.

Salah satu penjual nasi krawu yang cukup terkenal di Gresik adalah Juwariyah, atau yang akrab disapa dengan Ria. Nasi Krawu Bu Ria yang berlokasi di perempatan Jl. JA. Suprapto, sehari-hari menjadi tujuan para pencinta kuliner jika bertandang ke Gresik.

Nasi krawu yang terdiri dari nasi putih punel dengan lauk daging sapi plus jerohan ini, rasanya begitu khas. Yakni perpaduan antara manis, asin, dan gurihnya sangat pas tanpa ada kuah. Sebagai pelengkap, masih ditambah dengan serundeng.

"Tergantung dengan selera pembeli, bisa memakai jeroan, bisa juga tidak," kata Ria.

Menurut Ria, nasi krawu sudah ada sejak lama dan menjadi ciri khas Gresik. Menurut sejarah, nasi krawu biasa dijual keliling. Lama kelamaan, "kasta" nasi krawu meningkat.

"Nah, saya memulai usaha benar-benar dari nol. Dulu, saya produsen tas, tapi usaha saya gulung tikar karena krismon. Selanjutnya, saya mulai menjual nasi krawu di pinggir jalan," kata ibu dua anak yang hobi memasak tersebut.

Pada awal mula berdiri, Ria hanya menghabiskan satu kilogram daging dalam sehari. Tapi berkat ketekunan, usahanya makin meningkat. Kini, dalam sehari ia menghabiskan daging antara 25 sampai 30 kilogram sehari. Tempat jualannya pun sudah permanen di lokasi yang strategis.

"Kalau pas hari libur atau Lebaran kemarin, makin banyak permintaan. Sebab, orang Gresik yang ada di luar kota saat pulang kampung justru mencari makan ke mari," kata Ria yang saat ini penghasilannya per bulan mencapai sekitar Rp 30 juta.

Para pejabat pun tak segan menyantap nasi krawu. Bahkan, kalau ada acara di kantor pemerintah, nasi krawu menjadi salah satu kuliner yang disajikan. "Kalau ada acara di kantor gubernur, biasanya juga pesan di sini," ceritanya.

Dari Daun Bakau

Selain nasi krawu, Gresik juga memiliki kekhasan menu makanan yakni nasi romo. Disebut romo karena dulu yang pertama kali menciptakan nasi tersebut adalah warga Desa Romo, Gresik. Penjual nasi romo lebih banyak keliling. Sang penjual menggunakan keranjang anyaman bambu untuk membawa dagangannya.

Nasi romo sangat unik, yaitu nasi putih disajikan di atas daun pisang. Di atas nasi diberi sayuran dari daun bakau rebus, selanjutnya diberi kerupuk yang sudah diremas kemudian ditaburkan di atas nasi. Sebagai toping diberi bubur dari tepung beras warna merah kekuningan. Bubur itu dibuat dari tepung beras, yang dimasak dengan berbagai bumbu. Warna kuning kemerahan berasal dari cabai merah besar yang dihaluskan.

"Soal lauk tidak menjadi keharusan, kalau mau bisa ditambah rempeyek udang sebagai pelengkap," kata Dewi seorang penjual nasi romo di Kampung Karangpoh, Gresik.

Sambil membungkus puluhan bungkus nasi pesanan sebuah kantor, Dewi menceritakan bahwa nasi romo memang salah satu kuliner khas Gresik. Nasi romo selalu dijual pagi hari. "Biasanya disantap menjelang melakukan pekerjaan. Siang atau sore pasti sudah tidak ada," imbuhnya.

Dewi mengaku mewarisi usaha ibunya. "Ibu sudah usaha puluhan tahun silam. Setelah ibu pensiun, sekitar lima tahun lalu saya melanjutkan usahanya.

Selain Nasi Krawu dan Nasi Romo ada lagi lho kuliner khas gresik yang gak kalah maknyus, berikut kami sajikan informasinya untuk sahabat BGC:


  • SIMPIYING

Blogger Gresik Community
Daftar List Kuliner Gresik Lengkap Tahun 2015 (Simpiying)


Simpying ini merupakan sejenis kerang yang di oleh dengan bumbu khas yang kaya akan rempah dan juga memiliki rasa yang enak. Simpying ini banyak di jual di berbagai rumah makan yang ada di gresik, jadi anda jika ingin menikmati olahan simpying ini tidak susah untuk mencarinya. 1 porsi biasanya di jual dengan harga Rp. 10.000 rupiah saja.

  • NASI MENEER

Blogger Gresik Community
Daftar List Kuliner Gresik Lengkap Tahun 2015 (Nasi Meneer)

Nasi meneer ini merupakan nasi yang di sajikan dengan di sirami kuah bening dan juga di tambah dengan sambal dan juga beberapa lauk. Nasi meneer ini di sajikan di atas daun pisang sehingga tampilannya unik dan berbeda dengan yang lainnya. 1 porsinya hanya di jual dengan harga Rp. 7.000 saja. penjual nasi meneer yang enak adalah penjual nasi meneer yang ada di beberapa pasar tradisional kota gresik.

  • BANDENG PAK ELAN

Blogger Gresik Community
Daftar List Kuliner Gresik Lengkap Tahun 2015 (Bandeng Pak Elan)

Dari arah Surabaya, biasanya kita akan melewati kawasan perkantoran Semen Gresik yang megah di JI. Veteran. saat melintas di jalan ini, Anda bisa mampir sejenak untuk mencicipi sajian khusus berbahan ikan bandeng. Tepatnya di JI. Veteran No. 69. Telp (031) 3981148. Lokasinya tepat di seberang perkantoran kantoran Semen Gresik. kita bisa mencicipi ikan bandeng goreng, bakar, otak-otak bandeng hingga bandeng telur. Istimewanya, semua bandeng sudah dicabut duri. Baik duri keras dan besar maupun duri yang halus dan kecil. Jadi tak perlu repot saat menyantapnya.

untuk cara mencabut durinya bandeng dibelash dari atas, Setelah itu, barulah bandeng diolah sesuai selera. Untuk bandeng bakar, bekas belahan tidak terlihat. Sehingga bentuknya tampak masih utuh. Buat yang tidak tahu, pasti bertanya-tanya bagaimana caranya menghilangkan duri bandeng. Bandeng bakar disajikan dengan cocolan saus sambal pekat berupa campuran cabai, kacang, kecap dan petis. Ada juga bandeng telur yang merupakan olahan daging bandeng yang digoreng dengan kocokan telur menyerupai perkedel. Semua menu ini dijual rata-rata Rp 30 ribu per ekor. Ukurannya mencapai 5 - 6 ons per ekor.

Selain olahan bandeng, RM Pak Elan juga menyediakan menu lain seperti tahu telur, dadar telur, rawon, sate kerang hingga sayur asem. Nah, untuk minumannya, Anda boleh mencoba legen. Ini minuman yang diambil dari buah lontar alias siwalan. Rasanya manis dan sedikit menyengat. Mirip dengan air fermentasi tape. Disajikan dengan es batu membuat legen makin segar. Legen dijual Rp 3.700 per gelas. Namun jika sedang bersantap beramai-ramai bisa juga memilih ukuran 1 atau setengah bumbung yang dijual dengan harga Rp 9000 - Rp 17500.

Rumah makan Pak Elan I cukup lapang dan nyaman. Udara panas Gresik terhalau dengan hembusan ruangan full AC yang sejuk. Tersedia 17 meja panjang yang bisa Anda pilih untuk bersantap. Satu meja, bisa ditempati 8 - 10 orang. Rumah makan yang sudah ada sejak tahun 1950-an ini buka setiap hari sejak pukul 07.00 hingga 19.30. Selain RM Pak Elan I, terdapat juga RM Pak Elan II yang juga terletak di jalan yang sama.

Jika anda penggemar ikan bandeng maka rumah makan ini wajib untuk di coba karena RM Bandeng Pak Elan sudah terkenal sebagai rumah makan yang spesialis mengolah bandeng mulai dari bandeng goreng, bandeng bakar, bandeng sop, bandeng otak-otak, bandeng pepes, bandeng presto menikmati bandeng di rumah makan Pak Elan semakin mantap dengan racikan sambelnya yang bisa dikatakan unik, nah bagi anda yang penasaran silahkan mampir aja di jalan veteran 100 Gresik. Harganya Rp. 50.000 per ekor.

  • NASI KARAK

Blogger Gresik Community
Daftar List Kuliner Gresik Lengkap Tahun 2015 (Nasi Karak)

Sogo ata nasi karak ini dahulunya di buat dengan nasi sisa. Namun, saat ini sego karak ini di buat dengan nasi yang di masak, di keringkan lalu di masak kembali dengan menggunakan ketan hitam. Rasanya sangat enak dan juga sangat khas. Sego karak ini akan makin enak jika di santap dengan beberapa lauk, seperti tempe goreng tepung dan lainnya. 1 porsinya pun hanya Rp. 8.000 saja. lokasi yang paling jadi rekomendasi adalah yang ada di pusat kota gresik.

Selain kuliner diatas, sebenarnya terdapat juga pilihan restoran atau warung makan lainnya yang menjadi rekomendasi banyak orang untuk anda pecinta wisata kuliner, seperti:
  1. Ayam Penyet Suroboyo, Jl. Jawa (GKB) 
  2. Leko Spesial Iga Sapi Penyet, Jl. RA.Kartini dan GKB
  3. Warung Bu Su , Jl. Veteran (Wisma Achmad Yani) 
  4. Soto Pak Karim, Jl. KH. Wachid Hasyim 
  5. Nasi Krawu Habbah Sufa, Jalan Panglima Sudirman No. 14 
  6. Nasi Krawu Bu Ria, Jl. J.A. Suprapto 12 
  7. Nasi Krawu Bu Azzah, Jl. Panglima Sudirman No. 83A 
  8. Angkringan Jogokaryan GKB
  9. Ayam Bakar Wong Solo di Jl A Yani
  10. Ayam Bakar Carita GKB
  11. Warung Wader dan Welut Goreng Jl Pahlawan
  12. Sego BHS jl Akim Kayat
  13. Sego Njamoer Depan V-Mart Jl. Sumatra GKB
  14. Tahu Pentol HW Depan V-Mart Jl. Sumatra GKB
Editor: TIM Redaksi

Related Posts


Subscribe Our Newsletter