Ad Unit (Iklan) BIG

Featured Post

8 Tempat Wisata Gresik Terbaru

Ada satu hal yang harus diketahui dari Gresik yakni objek wisata disana sudah makin berbenah. Meski sebelumnya, Kabupaten Gresik identik dengan kota industri, namun sekarang banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan tidak kalah bagusnya dengan kota lain. Ada banyak spot foto kekinian dan cantik…

Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Raya

Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Raya
Tips Mudik: Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Raya
BGC (Mudik) - Berita Tips Mudik BGC kali ini adalah tentang Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Raya, simak berita selengkapnya berikut ini:

Dalam melakukan perjalanan terkadang hal-hal yang tanpa kita sadari bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas kalau kita tidak hati-hati dalam berkendara walaupun hanya hal-hal sepele namun apabila tidak diperhatikan bisa menimbulkan kecelakaan fatal di jalan raya bahkan bisa mengakibatkan kematian .tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada diri kita ,untuk itu betapa pentingnya pengontrolan kendaraan sebelum melakukan perjalanan terutama apabila akan menempuh perjalanan jauh adalah sesuatu yang wajib dilakukan sebagai bagian utama dalam mencegah kecelakaan lalu lintas.

Dirjen Kementerian Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso menuturkan Dengan adanya pertambahan jumlah kendaraan bermotor yang semakin pesat setiap tahunnya 24-43% pertahun dengan tidak di imbangi pembangunan infrastruktur yang memadai berakibat potensi kecelakaan lalu lintas semakin besar,untuk kendaraan bermotor lebih dari 67% .
porsentase kecelakan lalu lintas yang tinggi tiap tahunnya menurut penelitian disebutkan sebagai indikator kematian tertinggi menduduki posisi kedua selain penyakit TBC.

melihat cuplikan diatas menumbuhkan kesadaran keselamatan lalu lintas (road safety) seakan sudah menjadi kewajiban kita dalam berkendara demi keselamatan bersama,untuk itu Galihstarblog sharing kiat-kiat untuk mencegah kecelakaan lalu lintas di jalan raya berikut tips-tipsnya :

  • Kendaraan
Melakukan pengecekan/pengontrolan terhadap kendaraan yang akan di lakukan perjalanan pastikan semua komponen yang bisa mengakibatkan kecelakaan berfungsi dengan baik dan pengecekan semua kelengkapan kendaraan .

  • Tertib
Kelengkapan surat-surat kendaraan meliputi STNK dan SIM setiap kali melakukan perjalanan kalupun ada operasi dijalan hati tetap tenang sehingga perjalanan juga akan lebih konsentrasi .kemudian kelengkapan lain seperti kaca spion, lampu, dan juga helm, serta jaket, sarung tangan dan penutup mata.dan tentunya rambu rambu disepanjang jalan raya harus kita patuhi.

  • Waspada
Kenapa pentingnya etika mengemudi dijalan? bahwa penyebab kecelakaan 90% diantaranya adalah faktor pengemudi itu sendiri ,alangkah baiknya apabila kesadaran berkendara bisa tertanam dalam diri kita kemungkinan terjadinya kecelakaan dapat di tekan. Waspada berkendara disini mengandung arti segala panca indra senantiasa selalu respon terhadap hal-hal yang bisa memungkinkan terjadinya kecelakaan misalnya menjaga jarak terhadap kendaraan yang ada di depan maupun di belakang kita , mengurangi kecepatan apabila kondisi jalan kurang baik seperti banyak lubang atau tidak rata, pandangan mata luas kedepan terhadap jalan yang kita lewati ,mengerti betul kapan harus mengerem dan berhenti atau melanjutkan berjalan terutama ketika ada orang menyeberang di jalan , apabila ada pengendara yang ugal-ugalan berada di belakang atau didepan kita alangkah baiknya menjauh dengan mengurangi kecepatan atau biarkan mendahului,ketika kita akan menyalip pastikan kondisi di depan aman.

  • Kondisi Fisik Sehat
Kondisi fisik yang kurang sehat konsentrasi berkendara kita juga tidak akan optimal ,ketika kita dalam kondisi mengantuk maka secara otomatis laju kendaraan akan menjadi tidak terarah yang bisa membahayakan kendaraan di depan ,samping atau di belakang kita untuk mengatasi hal ini sekali-kali berhenti sejenak menepi untuk meredam sedikit lelah selama perjalanan setelah badan merasa sudah lebih enak baru melanjutkan perjalanan

  • Berdo'a dan Tidak Tergesa-gesa
Sebelum melakukan perjalanan tidak lupa kita memanjatkan do'a agar sampai tujuan dalam kondisi selamat serta tidak tergesa-gesa yangbisa mengurangi konsentrasi dan kewaspadaan kita dalam berkendara.

"Semoga mudik anda senantiasa diberi kelancaran dan keselamatan sampai tujuan"

Sumber: BGC Tim

Editor: Tim Redaksi

Related Posts


Subscribe Our Newsletter