Ad Unit (Iklan) BIG

Featured Post

8 Tempat Wisata Gresik Terbaru

Ada satu hal yang harus diketahui dari Gresik yakni objek wisata disana sudah makin berbenah. Meski sebelumnya, Kabupaten Gresik identik dengan kota industri, namun sekarang banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan tidak kalah bagusnya dengan kota lain. Ada banyak spot foto kekinian dan cantik…

Pasar tradisional Giri Gresik Kebakaran

Post a Comment
BGC Info
Pasar tradisional Giri Kebakaran
BGC - Pasar tradisional Giri di jalan Sunan Giri Desa Jeblog Kecamatan Kebomas, Gresik, terbakar, Rabu (21/1/2015) sekitar pukul 22.20 WIB. Aiptu Iswani Anggota Polsek Kebomas Gresik pada Radio Suara Surabaya mengatakan, pasar Giri yang terbakar merupakan pasar yang menjual sayur-sayuran dan beroperasi di pagi hari. "Untuk memadamkan api, Polsek berkoordinasi dengan PMK Semen Gresik dan Petrokimia Gresik," kata dia. Aiptu Iswani menambahkan, api akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 23.30 WIB dengan meluncurkan tujuh unit mobil pemadam kebakaran.



Butuh waktu 2 jam lebih untuk memadamkan kebakaran Pasar Giri, di Jalan Sunan Giri, Kecamatan Kebomas, Gresiik. Dengan mengerahkan hampir 10 unit mobil kebakaran (Damkar), para petugas akhirnya berhasil mengendalikan api dan berjibaku menyemprot air ke titik api di pasar tersebut. Camat Kebomas Djairuddin mengatakan, semua titik api sudah berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam setelah berjibaku selama 2 jam menjinakkan api. "Terjadinya kebakaran terjadi pukul 22.00 WIB, dan api sudah berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar," ujarnya, Kamis (22/01/2015).

Api dipastikan padam lanjut Djairuddin, karena sudah tidak muncul titik api maupun bara api di lokasi kebakaran Pasar Giri. Pasalnya, petugas berhasil masuk kedalam lokasi sambil membasahi kios yang terbakar. "Petugas sudah masuk ke bangunan pasar. Mereka juga mengevakuasi barang-barang milik pedagang yang masih bisa diselamatkan," tuturnya.



Informasi Gresik Lainnya klik disini : Informasi Gresik Terbaru
Saat ditanya nilai kerugian akibat terjadinya kebakaran. Dikatakan Djairuddin, diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Sebab, sebagian besar pedagang yang berjualan di Pasar Giri merupakan pedagang barang sembako dan sayuran. "Kalau kerugiannya hampir ratusan juta rupiah. Sebab, kios bagian tengah dan belakang ludes terbakar," tukasnya. Saat ini petugas kepolisian baik dari Polsek Kebomas maupun Polres Gresik sudah memasang police line di depan pintuk masuk Pasar Giri Gresik.

Kebakaran hebat terjadi di pasar Giri Kawisanyar Kebomas Gresik, sekitar 60 persen stan yang ada di pasar tradisional tersebut terbakar. Menurut saksi mata Feri (25), kebakaran bermula dari belakang pasar kemudian membakar stan-stan yang ada di pasar tersebut. “awalnya dari belakang mas, sekitar jam setengah sepuluh malam, terus api langsung melalap stan pasar,” ujar Feri yang juga penjaga warung di dekat pasar tradisional ini sementara itu Pemadam kebakaran milik Pemkab Gresik, PT Petrokimia Gresik dan Semen Gresik hilir mudik memadamkan api. Api baru bisa dipadamkan 1 jam kemudian.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, namun sekitar 70 stan/bedak yang ada didalam pasar ludes terbakar. pasar tradisional ini sebenarnya hanya buka dipagi hari, sehingga banyak pemilih bedak tidak mengetahui adanya kebakaran tersebut. Camat Kebomas Jaeruddin saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya membantu sepenuhnya upaya pemadaman yang dilakukan baik oleh warga maupun petugas pemadam kebakaran. “kami sudah berkoordinasi dengan PMK yang ada di Gresik dan BPBD Gresik terkait kebakaran ini, dan alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ujar Jaeruddin yang juga pernah menjadi Camat Manyar ini.

Sumber: Suara Surabaya/ Berita Jatim/ Gresik Kabar Baru
Editor: Tim Redaksi

Related Posts

Post a Comment


Subscribe Our Newsletter