Ad Unit (Iklan) BIG

Featured Post

8 Tempat Wisata Gresik Terbaru

Ada satu hal yang harus diketahui dari Gresik yakni objek wisata disana sudah makin berbenah. Meski sebelumnya, Kabupaten Gresik identik dengan kota industri, namun sekarang banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan tidak kalah bagusnya dengan kota lain. Ada banyak spot foto kekinian dan cantik…

Trending Topic Robot Bertenaga 1.000 Kali Lipat dari Manusia

Trending Topic Hari Ini - Sekelompok tim peneliti dari Columbia Engineering menciptakan sebuah otot lunak sintetis untuk robot yang diklaim tiga kali lebih kuat dari berat tissue dan dapat mengangkat berat 1.000 kali lipat berat badan mereka sendiri! Otot lunak sintetis yang dicetak 3D ini memiliki kepadatan regangan (dalam gram) 15 kali dari otot alami. Kandungannya karet silikon dan ethanol yang tersebar ke dalam skala mikro struktur otot.

Menariknya, otot ini tidak memerlukan pompa, alat pengatur tekanan, atau konverter bertengahan tinggi untuk menggerakannya. Biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya hanya tiga sen per gram. Dilansir Digital Trends, Jumat (22/9/2017), otot ini hanya butuh listrik dengan tegangan rendah untuk memanaskannya. Dengan begitu, etanol di dalamnya dapat mendidih dan mendorong material di dalamnya berkembang.

Robot Bertenaga 1.000 Kali Lipat dari Manusia
Trending Topic Robot Bertenaga 1.000 Kali Lipat dari Manusia


"Pergerakan yang dipicu oleh listrik bertegangan rendah, ditambah biaya pembuatan yang sangat ramah kantong, dapat merevolusi bagaimana sebuah robot dikembangkan," ujar Alsan Miriyev, salah satu peneliti dari Columbia Engineering.

"Hal ini juga dapat mendorong pengembangan robot berbiaya rendah, lebih alami bagi robot berkomponen lunak maupun keras. Selain itu juga otot lunak bisa bermanfaat untuk sektor kesehatan, manajemen bencana, dan perawatan lansia," tambahnya.

Otot buatan lunak untuk robot ini bukan lah yang pertama. Menurut laporan Digital Trends, sebelumnya ada tim peneliti asal Swiss yang mengembangkan otot buatan lunak pada vakum, yang dapat menjalankan berbagai fungsi.

Sumber: liputan6.com

Related Posts


Subscribe Our Newsletter