Ad Unit (Iklan) BIG

Featured Post

8 Tempat Wisata Gresik Terbaru

Ada satu hal yang harus diketahui dari Gresik yakni objek wisata disana sudah makin berbenah. Meski sebelumnya, Kabupaten Gresik identik dengan kota industri, namun sekarang banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan tidak kalah bagusnya dengan kota lain. Ada banyak spot foto kekinian dan cantik…

Informasi Virus Mematikan Wanna Cry dan Cara Melindungi dari Virus Tersebut

BGC Hot News - Rumah sakit di seluruh dunia sedang waspada terhadap serangan siber di beberapa negara, termasuk Indonesia. Sebelumnya disebutkan, dua RS yaitu RS Dharmais dan RS Harapan Kita diserang virus Ransomware jenis Wanna Cry. Namun setelah dipastikan, hanya RS Dharmais yang positif diserang virus tersebut. Sebetulnya seperti apa bahaya virus Wanna Cry?

Cara Melindungi dari Virus Wanna Cry
Informasi Virus Mematikan Wanna Cry dan Cara Melindungi dari Virus Tersebut


Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan serangan siber ini bersifat tersebar dan masif serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting). Maka serangan ini bisa dikategorikan sebagai teroris siber.

"Dengan adanya serangan siber ini kami minta agar masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kehati-hatian dalam berinteraksi di dunia siber," kata pria yang akrab disapa Semmy ini dalam keterangan tertulis, Minggu (14/5).

Semmy menjelaskan serangan siber yang menyerang Indonesia berjenis ransomware. Ransomware adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Tahun ini sebuah jenis ransomware baru telah muncul dan diperkirakan bisa memakan banyak korban.

"Ransomware baru ini disebut Wannacry. Wannacry ransomware mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB yang dijalankan di komputer tersebut," paparnya.

Saat ini diduga serangan Wannacry sudah memakan banyak korban ke berbagai negara. Oleh karena itu penting untuk melakukan serangkaian tindakan pencegahan dan juga penanganan apabila terjadi insiden.



Cara Melindungi dari Virus Wanna Cry:

  1. Mem-backup Seluruh Data yang Ingin Kamu Amankan. 
  2. Jangan Percaya dengan Iklan yang Muncul Pada Halaman Web.
  3. Gunakan Antivirus.
  4. Install update. 
  5. Jangan Pernah Bayar Tebusan.

Related Posts


Subscribe Our Newsletter