Ad Unit (Iklan) BIG

Featured Post

8 Tempat Wisata Gresik Terbaru

Ada satu hal yang harus diketahui dari Gresik yakni objek wisata disana sudah makin berbenah. Meski sebelumnya, Kabupaten Gresik identik dengan kota industri, namun sekarang banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan tidak kalah bagusnya dengan kota lain. Ada banyak spot foto kekinian dan cantik…

7 Hal Yang Diperhatikan Dalam Membuat Business Letter

Post a Comment
 Jika Dulur menulis alamat dalam Surat Resmi, maka kita harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan isi surat dan gaya surat yang ingin kita buat. Hal terpenting yang harus kita sangat kita perhatikan adalah apabila kita menggunakan gaya American English, maka secara keseluruhan surat, mulai dari awal hingga akhir harus seragam. Begitu pula apabila kita menggunakan gaya British English, maka keseluruhannya juga harus ada pada gaya bahasa yang sama.

Di bawah ini akan kami jelaskan cara pembuatan Business Letter dalam Bahasa Inggris.
1. Posisi Alamat Pengirim dan Tanggal

Pada British English, alamat dan tanggal diletakkan di sudut kanan atas seperti contoh di bawah ini:


Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455

25 January 2012


Pada American English, alamat pengirim diletakkan di:
Sebelah kiri, di bawah tanggal, atau

Di akhir surat, di bawah tanda tangan


January 25, 2012

Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455


atau


Sincerely

James Hutauruk
Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455

2. Alamat Penerima

Sebelum kita membahas posisi alamat penerima, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

Urutan dalam penulisan Penerima dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

Ms / Miss / Mrs / Mr / Dr ...
Nomor Rumah, jalan
Lokasi
Kode area
NEGARA (huruf besar semua)

Pada British English, letak penerima surat sejajar dengan tanggal seperti di bawah ini:

Mr. James Hunt
46B Park Avenue
London
267BK
GREAT BRITAIN
25 January 2012


Sedangkan pada American English, alamat penerima diletakkan 2 baris di bawah alamat pengirim (atau 2 baris dibawah tanggal jika alamat pengirim diletakkan dibawah tanda tangan).


January 25, 2012

Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455


Mr. James Hunt
46B Park Avenue
London
267BK
GREAT BRITAIN


atau


January 25, 2012


Mr. James Hunt
46B Park Avenue
London
267BK
GREAT BRITAIN

---- isi surat ----

Sincerely



James Hutauruk
Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455

3. Salam Pembuka

Di bawah ini akan kami jelaskan tata cara penulisan Salam Pembuka dalam aturan Business Letter dalam Bahasa Inggris. Ingat sekali lagi, kita harus konsisten, kalau tanggal, dalam gaya British English, maka keseluruhan surat harus dalam gaya yang sama. Begitu juga sebaliknya.
Jika Anda tahu nama orangnya:Dear Ms / Miss / Mrs / Mr / Dr + Marga

Contoh: Dear Mr Miller

Anda juga dapat menuliskan nama lengkapnya, namun kita harus menghilangkan gelarnya (Mr/Mrs). Hal ini sangat berguna apabila Anda tidak mengetahui jenis kelaminnya.

Contoh: Dear Chris Miller

Jika Anda tidak tahu nama orangnya:Ada beberapa cara untuk menuliskan Salam Pembuka apabila Anda tidak tahu nama orang yang Anda tuju, yaitu seperti di bawah ini:

a. British English

Dear Sir / Dear Sirs = Jika penerimanya laki-laki
Dear Madam = Jika penerimanya perempuan
Dear Sir or Madam = Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya b. American English

Gentlemen = Jika penerimanya laki-laki
Ladies = Jika penerimanya perempuani
Ladies and Gentlemen = Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya, atau

To whom it may concern = Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya TANDA BACA

Pada British English, jangan gunakan tanda baca apapun, atau Anda dapat menggunakan koma

Dear Mr Miller

Dear Mr Miller, Pada American English, gunakan tanda baca "titik dua"

Dear Mr. Miller:
4. Perihal (Subjek)

Tujuan dari penulisan "Perihal" adalah agar si penerima surat mendapat gambaran tentang apa sebenarnya surat yang ia terima. Ada 3 (tiga) hal yang perlu Anda perhatikan dalam penulisan Perihal, yaitu:
Gunakan "Subject:" atau "Re:"
Tuliskan perihalnya dalam "Cetak Tebal"
Tulis Perihal dalam Huruf Besar

Perhatikan perbedaan penulisan "Perihal" antara British English dan American English seperti di bawah ini:

a. British English

Letaknya antara Salam Pembuka dan Isi Surat, seperti di bawah ini:

Dear Mr. Hunt

Subject: Request No. 145

Referring to your ...


b. American English

Letaknya sebelum salam pembuka, seperti di bawah ini:

Subject: Request No. 145

Dear Mr. Hunt: Referring to your ...

5. Isi

Isi surat merupakan hal yang paling penting dalam Business Letter. Isinya harus betul-betul mewakili semua apa yang ingin Anda sampaikan. Jangan lupa pula untuk meletakkan tata krama. Berikut ini adalah panduannya:
Awali dengan huruf besar setia pawal kalimat.

Tulisan dalam Business Letter harus rata kiri.
Berikan 1 spasi untuk tiap paragraf baru. ISI

Paragraf pertama: Pengantar dan alasan mengapa Anda menulis surat tersebut.

Paragraf berikutnya: Jelaskan secara terperinci alasan Anda mengirimkan surat kepadanya, termasuk latar belakang, dan lain-lain yang dianggap perlu.
Paragraf Terakhir: Simpulkan sekali lagi alasan Anda dan harapan kepada penerima surat
6. Salam Penutup

Salam Penutup sangat berhubungan erat dengan Salam Pembuka. Biasanya ada beberapa aturan main yang harus kita perhatikan. Penyajiannya juga berbeda antara British English dan American English seperti penjelasan berikut ini:

British English
Jika Anda memakai nama penerima surat pada Salam Pembuka, maka salam penutupnya adalah "Yours sincerely" atau "Sincerely yours".

Jika Anda tidak menggunakan nama penerima pada Salam Pembuka, maka Salam Penutupnya adalah "Yours faithfully" atau "Faithfully yours".
American English

Gunakan "Sincerely" atau "Sincerely yours", untuk semua kasus, yaitu mau Anda gunakan nama penerima ataupun tidak.

Dalam Email, Anda dapat gunakan berikut ini untuk Salam Penutupnya:

Regards
Kind regards
Best wishes
7. Lampiran

Kadangkala kita sering mengirimkan surat beserta dengan lampirannya. Setidaknya ada dua cara untuk menyatakan bahwa surat kita tersebut memiliki lampiran, yaitu:
Menyebutkan satu persatu lampirannya, atau
Hanya menuliskan "Enclosure" tepat di bawah nama penanda tangan surat.
Kesimpulan:

Perhatikan gaya penulisan Business Letter "British English" di bawah ini:

Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455

Mr. James Hunt
46B Park Avenue
London
267BK
GREAT BRITAIN 25 January 2012


Dear Mr. Hunt

Subject: Request No. 145

Referring to your request No. 145, we inform you that the materials you requested are out of stocks. Therefore, we recommend that you request our new product as we described in the enclosure.

We thank you and look forward to hearing from you soon.

Sincerely,



James Hutauruk
Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455

Enclosure


Perhatikan gaya penulisan Business Letter "American English" di bawah ini:


January 25, 2012

Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455



Subject: Request No. 145

Dear Mr. Hunt:

Referring to your request No. 145, we inform you that the materials you requested are out of stocks. Therefore, we recommend that you request our new product as we described in the enclosure.

We thank you and look forward to hearing from you soon.

Sincerely,



James Hutauruk
Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455

Enclosure

Related Posts

Post a Comment


Subscribe Our Newsletter