Ad Unit (Iklan) BIG

Featured Post

8 Tempat Wisata Gresik Terbaru

Ada satu hal yang harus diketahui dari Gresik yakni objek wisata disana sudah makin berbenah. Meski sebelumnya, Kabupaten Gresik identik dengan kota industri, namun sekarang banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan tidak kalah bagusnya dengan kota lain. Ada banyak spot foto kekinian dan cantik…

Hukum Memakai Songkok, Bid'ah?

Post a Comment
Sebelum membahas hukum memakai songkok, biar tidak salah paham marilah mengenal secara singkat terlebih dahulu tentang apa itu Bid’ah ?. Bid'ah adalah sebuat perbuatan yang pada dasarnya perbuatan yang tidak sama sekali diajarkan atau dicontohkan oleh rosul kita Nabi Muhammad SAW, akan tetapi perbuatan ini banyak sekali dilakukan oleh masyarakat sekarang ini. hukum Bid’ah sendiri adalah haram. Perbuatan yang dimaksud adalah perbuatan baru atau sebuah penambahan yang ada hubunganya dengan peribadatan (ibadah mahdah), yaitu ibadah yang tertentu dalam syarat dan rukunya.

Songkok adalah ciri khas bangsa Indonesia. Memakai songkok adalah budaya yang harus dihormati, karena budaya memakai songkok tersebut tidak bertentangan dengan syari’at. Oleh karena itu, jangan pernah kita mengatakan bahwa memakai songkok adalah bid’ah.
Pada sebagian kalangan menyalahkan orang-orang yang memakai songkok lantaran orang yang memakai songkok itu identik dengan ahli bid’ah dan ini sama sekali tidak benar. Syari’at islam yang diajarakan oleh Allah dan Rasul-Nya adalah menutup aurat, apapun baju yang kita kenakan. Jadi dalam hal ini, kita tak boleh mengatakan memakai songkok itu adalah Bid’ah.

Jelas songkok bukan identitas kaum tertentu juga bukan ahli bid’ah. Sebab songkok banyak juga dipakai para ustadz, juga dipakai oleh seluruh kaum muslimin. Apakah dengan serta merta mengatakan bahwa seluruh yang pakai songkok dan baik adalah ahli Bid’ah ? Ini sebuah tuduhan yang tidak berdasar. Bahkan para syaikh yang berasal dari berbagai negeri pun memakai penutup kepala yang berbeda-beda, tidak harus memakai imamah, atau pun harus memakai songkok haji.

WAllahu'alam dulur yang penting baik dan tak melanggaR agomo kito al hasil monggo di koment :)

Related Posts

Post a Comment


Subscribe Our Newsletter