Advertisements

Nasi Rumo Salah Satu Makanan Orang Gresik


Bagi anda yang berkunjung ke Kota Gresik, tak ada salahnya menjajal berbagai kuliner khas kota ini. Kali ini kita akan mencoba mencicipi kuliner Nasi Krasak. Mendengar pertama kali tentunya anda akan heran, banyak orang berpendapat bahwa nasi krasak ini merupakan nasi sisa yang kemudian diolah lagi menjadi nasi krasak, tetapi disini lain nasi krasak yang ada di Gresik ini sebetulnya terbuat dari nasi merah yang rasanya lain dengan beras putih yg kita konsumsi.

Nasi Karak yang dijual ini selain terdiri dari nasi merah, juga diberi parutan klapa dan sedikit srundeng, sebagai pemedasnya nasi ini juga diberi lombok beberapa buah, dan yang aneh lagi ternyata nasi krasak ini juga diberi tempe goreng, entah memang apa demikian menunya atau hanya penjualnya saja yang bervariasi dengan memberi dua potong goreng tempe, yang mirip dengan tempe mendoan itu.

Pada saat mencicipi nasi krasak anda akan merasakan sensasi lain. Harga yang dibandrol juga sangat murah sebungkus nasi ini, yang sudah komplit cukup dengan anda bayar Rp. 3000 saja. Satu lagi jenis makanan yang tak kalah menariknya selain nasi krasak yang sudah saya sajikan, dan merupakan makanan khas kota pudak ini juga yaitu, NASI RUMO.

Melihat Nasi Rumo, sekilas anda akan ingat dengan sate manggul, dimana di makanan rumo inianda akan menemukan bahan sejenis bubur yang dituangkan dalam nasi Rumo ini. Nasi Rumo ini berisi bahan-bahan antara lain ; Nasi / Lontong, sejenis sayur-sayuran yang katanya diambil dari tambak, ditambah campuran berbentuk bubuk seperti srundeng [parutan kelapa yg digoreng halus]. Sehingga memakan nasi ini seakan lidah kita yang pertama-tama akan merasakan buburnya yang putih dan sedikit manis, ditambah dengan kukusan dedaunan yang putih juga, sehingga akan menampakan enak yang beradu dengan pedasnya taburan srundeng yang ada tersebut. Biasanya Nasi / Sego Rumo ini dijual pada pagi hari. Biasanya jam 6 pagi sudah membuka dagangannya dan kira-kira jam 9 pagi nasi tersebut sudah habis, apalagi pada hari Saptu dan Minggu, segio Rumo masakhan khas kota Gresik ini akan segera habis terjual.

2 Responses so far.

Leave a Reply

Dulur Blog ini DOFOLLOW Jadi Komentar Bebas Tidak Masalah Tapi Kalo Bisa yang Mendukung Artikel/ Content Blogger Gresik Ya Dulur
*Jangan Mengandung (LINK hidup)
*Sara
-Matur Nuwun Dulur Sampun Berkomentar "Salam Blogger"-

Alexa Site Rank



Free PageRank Checker Resources Top Blogs